Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT di PT. Unilever Indonesia. Tbk

Nama                           : Muhammad Rafi
Nim                             : L1B015020
Mata Kuliah                : Strategi Komunikasi

 

Analisis SWOT di

PT. Unilever Indonesia. Tbk

Unilever Indonesia

A.  Kekuatan (Strengths)
1.      Strategi promosi produk PT. Unilever yang efektif dengan menampilkan model-model tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehinggamemacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima si model iklan dalam produk tersebut.
2.      Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia.
3.      Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang berdedikasi, terampil dan temotivasi dari segenap jajaran.
4.      PT. Unilever mempunyai moto “Operational Excellent with NoCompromise on Quality”, Unilever dalam operasinya dijalankan dengan.
5.      baik tanpa mengabaikan kualitas produk.

B.  Kelemahan (Weaknesses)
1.      PT. Unilever memiliki struktur matriks yang terdapat beberapa tantangan yang mesti dihadapi perusahaan yaitu pertama, sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal sendiri
2.      sendiri. Kedua, komunikasi pada karyawan yang bias menerima pesanyang berbeda-beda. Dan ketiga, resolusi konflik antara inisiatif daridukungan departemen (SDM, Keuangan, dll) dengan departemen lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial.
3.      Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu.
4.      Ketidak jelasan sertifikat halal untuk produk tertentu.
5.      Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industry
C.  Kesempatan (Opportunities)
1.      Stabilitas ekonomi yang relatif baik dengan pertumbuhan yang menggembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6.3%.
2.      Tingginya kepuasan konsumen terlihat dari predikat prima indeks kepuasan konsumen.
3.      Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat akan jenis produk consumer goods.
4.      Rekomendasi investasi pada saham dengan level beta dibawah.
5.      Tinggi dan stabilnya tingkat kesetiaan masyarakat atas produk consumer.
D.  Ancaman (Threats)
1.      Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
2.      Melemahnya daya beli konsumen.
3.      Maraknya pemalsuan dan penyelundupan produk dari cina.
4.      Adanya tren perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri.
5.      Produk pesaing dengan harga lebih rendah.
Analisis

PT. Unilever. Tbk merupakan perusahaan multi nasional yang memproduksi barang untuk konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi untuk keseharian dengan produk yang membuat konsumen merasa nyaman, untuk berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan. Unilever juga masih tidak memiliki kejelasan dengan label/sertifikat halal dan rendahnya respon terhadap produk-produk tertentu dengan  Tujuan pemasaran yang dilakukan yaitu ingin menjadi yang pertama dan terbaik di dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT PT Ultrajaya Milk

Strategi Komunikasi ; Strategi Pemasaran Perusahaan Apple

Strategi Komunikasi ; Kasus Iklan Tidak Etis Antara Telkomsel Dengan XL