Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT di PT. Unilever Indonesia. Tbk
Nama : Muhammad
Rafi
Nim :
L1B015020
Mata Kuliah : Strategi
Komunikasi
Analisis SWOT di
PT. Unilever
Indonesia. Tbk
Unilever Indonesia |
A. Kekuatan (Strengths)
1.
Strategi promosi produk PT. Unilever yang
efektif dengan menampilkan model-model tipikal muda, berkulit putih, berambut
panjang sehinggamemacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk
tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima si model iklan dalam
produk tersebut.
2.
Pemimpin pasar consumer goods di Indonesia.
3.
Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang
berdedikasi, terampil dan temotivasi dari segenap jajaran.
4.
PT. Unilever mempunyai moto “Operational
Excellent with NoCompromise on Quality”, Unilever dalam operasinya dijalankan
dengan.
5.
baik tanpa mengabaikan kualitas produk.
B. Kelemahan (Weaknesses)
1.
PT. Unilever memiliki struktur matriks yang
terdapat beberapa tantangan yang mesti dihadapi perusahaan yaitu pertama,
sulitnya koordinasi kegiatan antar departemen yang mempunyai agenda dan jadwal
sendiri
2.
sendiri. Kedua, komunikasi pada karyawan yang
bias menerima pesanyang berbeda-beda. Dan ketiga, resolusi konflik antara
inisiatif daridukungan departemen (SDM, Keuangan, dll) dengan departemen
lini produk yang biasanya sangat berorientasi komersial.
3.
Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk
tertentu.
4.
Ketidak jelasan sertifikat halal untuk produk
tertentu.
5.
Growth omzet penjualan dibawah rata-rata industry
C. Kesempatan
(Opportunities)
1.
Stabilitas ekonomi yang relatif baik dengan pertumbuhan yang
menggembirakan bagi ekonomi Indonesia sebesar 6.3%.
2. Tingginya kepuasan konsumen terlihat
dari predikat prima indeks kepuasan konsumen.
3. Tingginya tingkat ketergantungan
masyarakat akan jenis produk consumer goods.
4. Rekomendasi investasi pada saham
dengan level beta dibawah.
5. Tinggi dan stabilnya tingkat
kesetiaan masyarakat atas produk consumer.
D. Ancaman (Threats)
1. Tidak stabilnya nilai tukar rupiah
terhadap mata uang asing.
2. Melemahnya daya beli konsumen.
3. Maraknya pemalsuan dan penyelundupan
produk dari cina.
4. Adanya tren perubahan gaya hidup
masyarakat dari produk tradisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri.
5. Produk pesaing dengan harga lebih
rendah.
Analisis
PT. Unilever.
Tbk merupakan perusahaan multi nasional yang memproduksi barang untuk konsumen
agar dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi
untuk keseharian dengan produk yang membuat konsumen merasa nyaman, untuk
berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan. Unilever juga masih tidak
memiliki kejelasan dengan label/sertifikat halal dan rendahnya respon terhadap
produk-produk tertentu dengan Tujuan
pemasaran yang dilakukan yaitu ingin menjadi yang pertama dan terbaik di dalam
memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen.
Komentar
Posting Komentar