Strategi Komunikasi ; Strategi Pemasaran Perusahaan Apple

Nama                             : Romi Juniawan
Nim                                : L1B015041
Mata Kuliah                   : Strategi Komunikasi

Apple

1.             Studi Kasus Strategi Komunikasi ; Strategi Pemasaran Perusahaan Apple
Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi komunikasi yang paling sukses di dunia dan membuat kata ‘apel’ dalam bahasa Inggris tidak lagi bersinonim dengan nama buah.
Kesuksesan Apple dalam hal produksi dan pemasaran membuat kata kunci seperti marketing strategy of Apple dan ‘Apple iphone marketing’ menjadi kata-kata kunci yang laris digunakan oleh para peminat ilmu marketing yang ingin menguak atau meniru rahasia kesuksesan Apple.
Walaupun Apple sudah eksis sejak bertahun-tahun sebelumnya, pemasaran iPhone-lah yang sukses menancapkan merk Apple di benak para pecinta teknologi komunikasi. berikut adalah beberapa tips sukses pemasaran iPhone Apple yang akan anda temukan kapanpun anda mengetik marketing strategy of Apple di situs pencari:
1.Inovasi. Apple memanfaatkan produk yang sudah populer sebelumnya yaitu iPod dan telepon genggam serta menyatukan kedua konsep tersebut. Sehingga melahirkan ponsel pintal I phone.
2.Strategi Branding dalam Pemasaran. Dalam Branding, fitur – fitur yang digunakan khususnya iPhone yang menggunakan ikon-ikon yang mudah diingat di menu utamanya.
3. Pemanfaatan media pemasaran secara maksimal. Apple membuat website resmi khusus untuk iPhone di mana para penggunanya.
4. Target pemasaran yang potensial. Apple menyadari bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang (terutama mereka yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat komunikasi canggih yang setia.
5. Penyesuaian harga yang konsisten. Apple terus menyesuaikan harga produk lama sementara membuat produk baru demi mendongkrak terjualnya produk – produk Apple.
2.             Analisis SWOT Strategi Pemasaran perusahaan Apple
A.           Internal
1.             Strength (Kekuatan)
Ø  Penjualan dari produk-produk notebook Apple sangat kuat, dan merupakan kontribusi besar untuk pendapatan untuk Apple.
Ø  Penjualan Produk iPhone milik Apple menjadi penyumbang keuntungan.
Ø  Apple adalah salah satu yang paling mapan dan sehat merek IT di Dunia.
Ø  Kualitas produk yang tinggi membuat Apple menjadi produk yang banyak diminati konsumen.
2.             Weakness (Kelemahan)
Ø    Adanya produk yang di keluarkan oleh Apple memiliki kerusakan seperti IPod nano dan juga ada baterai yang rusak
Ø Adanya tekanan dari perusahaan – perusahaan yang bekerja sama dengan Apple dalam penjualan musik Online, tekanan dalam peningkatan harga musik Online ( download file )
Ø  Apple Mengumumkan bahwa melakukan kerjasama dengan Intel sebagai pemasok chip, sebelumnya pemasok chip I hone adalah IBM, hal ini membuat konsumen menjadi bingung tengtang spesifikasi Apple.
Ø  Harga yang terlampau mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh kelas menengah keatas.
B.            Eksternal
1.             Oppurtunity (Kesempatan)
Ø  Apple memiliki kesempatan untuk mengembangkan pemutar musik iTunes.
Ø  Produk – produk Apple banyak diminati oleh konsumen.
Ø  Hasil survei menunjukkan, bahwa remaja – remaja ingin memiliki IPhone ( Produk Apple ) sebagai ponsel pintar mereka, sehingga menjadi peluang dalam penjualan produk Apple.
2.             Threat (Ancaman)
Ø  Sangat tinggi tingkat kompetisi di pasar teknologi khususnya dalam bidang ponsel pintar.
Ø  Munculnya teknologi nirkabel dapat menggantikan kebutuhan fisik pemutar musik milik Apple, khususnya IPod
Ø  Apple rentan terhadap kebocoran yang dapat merugikan mereka keuntungan.
3.             Analisis Perusahaan Apple

Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan pangsa pasar yang bersaing dengan Google dan Microsoft, memiliki strategi – strategi yang di terapkan dalam pemasaran – pemasaran produk mereka, baik itu strategi pemasaran, strategi promosi, maupun strategi komunikasi. Selama ini strategi yang di terapkan Apple dalam penjualan produk – produknya bisa terbilang sukses. Namun pada tahun 2016, penjualan produk – produk Apple menurun. Penyebab dari menurunnya penjualan produk – produk Apple adalah tidak adanya perubahan signifikan pada produk – produk Apple sejak 2014 dan juga keadaan ekonomi yang tidak menentu. Namun itu tidak berpengaruh pada minat konsumen masyarakat yang tinggi terhadap salah satu produk Apple yakni, iPhone. Artinya, inovasi – inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Apple mulai berkurang. Di tambah lagi, perusahaan teknologi lainnya seperti Samsung, Google, dan Microsoft dan kegagalan ponsel pintar Iphone yang dirilis oleh Apple sebelumnya. Pihak dari Apple sendiri harus mencari alternatif lainnya demi mendongkrak penjualan produk mereka. Misalnya lebih terfokus kepada salah satu produk yang mereka kembangkan, seperti Apple smartwatch mengingat produk produk jam tangan belum begitu di lihat oleh produsen – produsen di bidang teknologi. Dan juga pemasaran produk produk Apple dengan harga terjangkau namun tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan. Terlebih lagi pangsa pasar kalangan menengah ke bawah terbilang besar. Di samping itu, pangsa pasar untuk notebook sangat besar. Kalangan anak muda sangat menyukai game, sehingga peluang untuk laptop gaming sangat menjanjikan di pangsa pasar dunia.

Komentar

  1. Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur ​​seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
    Saya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT PT Ultrajaya Milk

Strategi Komunikasi ; Kasus Iklan Tidak Etis Antara Telkomsel Dengan XL