Strategi Komunikasi ; Strategi Pemasaran Perusahaan Apple
Nama :
Romi Juniawan
Nim :
L1B015041
Mata Kuliah :
Strategi Komunikasi
Apple |
1.
Studi Kasus Strategi Komunikasi ; Strategi
Pemasaran Perusahaan Apple
Apple
merupakan salah satu perusahaan teknologi komunikasi yang paling sukses di
dunia dan membuat kata ‘apel’ dalam bahasa Inggris tidak lagi bersinonim dengan
nama buah.
Kesuksesan
Apple dalam hal produksi dan pemasaran membuat kata kunci seperti marketing strategy of Apple dan ‘Apple iphone
marketing’ menjadi kata-kata kunci yang laris digunakan oleh para peminat
ilmu marketing yang ingin menguak atau meniru rahasia kesuksesan Apple.
Walaupun
Apple sudah eksis sejak bertahun-tahun sebelumnya, pemasaran iPhone-lah yang
sukses menancapkan merk Apple di benak para pecinta teknologi komunikasi. berikut
adalah beberapa tips sukses pemasaran iPhone Apple yang akan anda temukan
kapanpun anda mengetik marketing strategy
of Apple di situs pencari:
1.Inovasi. Apple memanfaatkan produk yang sudah
populer sebelumnya yaitu iPod dan telepon genggam serta menyatukan kedua konsep
tersebut. Sehingga melahirkan ponsel pintal I phone.
2.Strategi Branding
dalam Pemasaran. Dalam Branding, fitur
– fitur yang digunakan khususnya iPhone yang menggunakan ikon-ikon yang mudah
diingat di menu utamanya.
3. Pemanfaatan media
pemasaran secara maksimal. Apple
membuat website resmi khusus untuk
iPhone di mana para penggunanya.
4. Target pemasaran yang potensial. Apple menyadari
bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang (terutama mereka
yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat komunikasi canggih
yang setia.
5. Penyesuaian harga
yang konsisten. Apple terus menyesuaikan harga produk lama sementara membuat
produk baru demi mendongkrak terjualnya produk – produk Apple.
2.
Analisis SWOT Strategi Pemasaran perusahaan
Apple
A.
Internal
1.
Strength (Kekuatan)
Ø
Penjualan dari
produk-produk notebook Apple sangat kuat, dan merupakan kontribusi besar untuk
pendapatan untuk Apple.
Ø
Penjualan Produk
iPhone milik Apple menjadi penyumbang keuntungan.
Ø
Apple adalah salah
satu yang paling mapan dan sehat merek IT di Dunia.
Ø
Kualitas produk yang
tinggi membuat Apple menjadi produk yang banyak diminati konsumen.
2.
Weakness (Kelemahan)
Ø
Adanya produk yang di
keluarkan oleh Apple memiliki kerusakan seperti IPod nano dan juga ada baterai
yang rusak
Ø Adanya tekanan dari
perusahaan – perusahaan yang bekerja sama dengan Apple dalam penjualan musik
Online, tekanan dalam peningkatan harga musik Online ( download file )
Ø Apple Mengumumkan
bahwa melakukan kerjasama dengan Intel sebagai pemasok chip, sebelumnya pemasok
chip I hone adalah IBM, hal ini membuat konsumen menjadi bingung tengtang
spesifikasi Apple.
Ø
Harga yang terlampau
mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh kelas menengah keatas.
B.
Eksternal
1.
Oppurtunity (Kesempatan)
Ø Apple memiliki kesempatan untuk mengembangkan pemutar
musik iTunes.
Ø Produk – produk Apple banyak diminati oleh konsumen.
Ø Hasil survei menunjukkan, bahwa remaja – remaja ingin
memiliki IPhone ( Produk Apple ) sebagai ponsel pintar mereka, sehingga menjadi
peluang dalam penjualan produk Apple.
2.
Threat (Ancaman)
Ø Sangat tinggi tingkat kompetisi di pasar teknologi
khususnya dalam bidang ponsel pintar.
Ø Munculnya teknologi nirkabel dapat menggantikan
kebutuhan fisik pemutar musik milik Apple, khususnya IPod
Ø Apple rentan terhadap kebocoran yang dapat merugikan
mereka keuntungan.
3.
Analisis Perusahaan Apple
Apple menjadi salah
satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan pangsa pasar yang bersaing
dengan Google dan Microsoft, memiliki strategi – strategi yang di terapkan
dalam pemasaran – pemasaran produk mereka, baik itu strategi pemasaran,
strategi promosi, maupun strategi komunikasi. Selama ini strategi yang di
terapkan Apple dalam penjualan produk – produknya bisa terbilang sukses. Namun
pada tahun 2016, penjualan produk – produk Apple menurun. Penyebab dari
menurunnya penjualan produk – produk Apple adalah tidak adanya perubahan
signifikan pada produk – produk Apple sejak 2014 dan juga keadaan ekonomi yang
tidak menentu. Namun itu tidak berpengaruh pada minat konsumen masyarakat yang
tinggi terhadap salah satu produk Apple yakni, iPhone. Artinya, inovasi –
inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Apple mulai berkurang. Di tambah lagi,
perusahaan teknologi lainnya seperti Samsung, Google, dan Microsoft dan kegagalan
ponsel pintar Iphone yang dirilis oleh Apple sebelumnya. Pihak dari Apple
sendiri harus mencari alternatif lainnya demi mendongkrak penjualan produk
mereka. Misalnya lebih terfokus kepada salah satu produk yang mereka
kembangkan, seperti Apple smartwatch mengingat
produk produk jam tangan belum begitu di lihat oleh produsen – produsen di
bidang teknologi. Dan juga pemasaran produk produk Apple dengan harga
terjangkau namun tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan. Terlebih
lagi pangsa pasar kalangan menengah ke bawah terbilang besar. Di samping itu,
pangsa pasar untuk notebook sangat
besar. Kalangan anak muda sangat menyukai game,
sehingga peluang untuk laptop gaming
sangat menjanjikan di pangsa pasar dunia.
Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
BalasHapusSaya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339