Strategi Komunikasi ; Analisis Strategi Komunikasi Produk Aqua PT. Golden Missisipi TBk.

Nama                           : Muhammad Sabai
Nim                             : L1B015027
Mata Kuliah                : Strategi Komunikasi

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PRODUK AQUA – PT GOLDEN MISSISSIPI TBK

Aqua

Aqua merupakan salah satu produk air minum dalam kemasan yang terkenal dan memiliki penjualan terbesar yang diproduksi oleh PT Golden Mississipi Tbk yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1973 silam. Produk aqua tidak hanya ada di Indonesia saja, namun produk Aqua juga dijual di Negara lainnya seperti Malaysia, Singapore, dan Brunei.
Di era yang serba maju ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang memproduksi air dalam kemasan yang cukup memiliki nilai saing, ditambah dengan bermunculannya berbagai isu tentang produk Aqua seperti Aqua memiliki kandungan fluorida dan juga banyak kasus pemalsuan produk Aqua lainnya sehingga mengaharuskan perusahaan Aqua memikirkan cara dan strategi yang tepat guna meningkatkan penjualan dalam mengahadapi kompetitor yang bermunculan.
Adapun strategi yang dimiliki oleh perusahaan Aqua, yaitu:
-      Lokasi pabrik dekat dengan sumber daya alam yang diperlukan yaitu berada di kaki gunung.
-     Penggunaan slogan “air sehat setiap saat” diamana air yang digunakan memang berasal dari umber air murni dan jernih di kaki gunung sehingga mendongkrak penjualan produk.
-  Melakukan promosi baik menggunakan media cetak, media elektronik dan online maupunmensponsori beberapa bidang olahraga dan lainnya untuk menaikkan popularitas.
-          Memberikan pelayanan baik bagi para konsumennya.
-          Menggunakan kemasan atau packaging yang baik sehingga menaikkan nilai jual.
-          Mempunyai saluran distribusi yang luas hampir seluruh wilayah Indonesia.
Analisis strategi komunikasi produk Aqua menggunakan strategi SWOT
A.    Faktor Internal
a.       Kekuatan (strength)
-          Memiliki sumber mata air yang selalu terjaga kualitasnya.
-          Menjadi pelopor air minum dalam kemasan gelas.
-          Memiliki karyawan dengan loyalitas tinggi dan pengetahuan mendalam.
-          Merupakan market leader air mineral kemasan.
-          Menjadi market leader.
b.      Kelemahan (weakness)
-          Stok barang atau pasokan dipegang oleh pihak main distributor.
-          Saluran distributor terlalu panjang.
-          Memerlukan modal kerja cukup besar.
-          Masih menggunakan proses ozonisasi.
B.     Faktor Eksternal
a.       Peluang (opportunities)
-          Dipercaya masyarakat luas
-          Melakukan ekspansi ke luar negeri.
-          Menjalin hubungan atau relasi dengan perusahaan sejenis.
-          Pengembangan pasar (market development) yang dilakukan ke agen-agen kecil yang belum memiliki pasar lokal
b.      Ancaman (treath)
-          Munculnya perusahaan air berkualitas dengan harga lebih murah.
-          Pemalsuan produk oleh pihak luar.
-          Adanya kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan galon.
Sehingga strategi yang didapatkan yaitu:
A.    Strategi SO (strength and opportunity)
-          Meningkatkan nilai kualitas sumber mata air dengan menggunakan teknologi tepat guna.
-          Meningkatkan kemampuan produksi dan pemenuhan permintaan konsumen.
-      Sebagai pelopor air mineral dalam kemasan selalu melakukan penelitian secara aktif demi menemukan formula dan teknik baru.
B.     Strategi WO (weakness and opportunity)
-          Aktif promosi untuk meningkatkan brand image Aqua dan daya jual.
-          Meminimalisir biaya produksi untuk menentukan kebijakan harga.
-          Menggunakan teknologi terbaru tepat guna demi mengurangi efek negatif bagi masyarakat.
-          Menjalin hubungan dengan perusahaan-perusahaan sejenis.
C.     Strategi ST (strength and treath)
-          Memberi symbol atau tanda khusus pada kemasan sebagai pembeda produk asli atau palsu.
-          Menningkatkan kreatifitas karyawan untuk meningkatkan daya saing.
D.    Strategi WT (weakness and treath)
-          Membuat saluran distribusi lebih efisien sehingga meningkatkan harga saing.
-          Pengecekan rutin terhadap agen-agen untuk mencegah pemalsuan produk.

-          Meningkatkan iklan dan promosi untuk mendongkrak popularitas produk di masyarakat.
ingin tahu lebih lanjut mengetahui contoh strategi komunikasi. klik disini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT PT Ultrajaya Milk

Strategi Komunikasi ; Strategi Pemasaran Perusahaan Apple

Strategi Komunikasi ; Kasus Iklan Tidak Etis Antara Telkomsel Dengan XL