Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT Perusahaan Samsung Berkaitan Dengan Permasalahan Produk Samsung Galaxy Note 7
Nama :
M. Supriadi Abdullah Asa
Nim :
L1B015021
Mata Kuliah : Strategi
Komunikasi
Alanisis SWOT
perusahaan Samsung berkaitan dengan permasalahan produk Samsung Galaxy Note 7
![]() |
| Samsung Galaxy Note 7 |
Beberapa waktu yang lalu perusahaan Samsung
mengeluarkan produk handphone terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 7 yang
merupakan seri terbaru dari Samsung Galaxy Note, setelah produk sebelumnya
Samsung Galaxy Note 5.
Akan tetapi dalam waktu singkat semenjak di realeasnya produk Samsung Galaxy Note 7, terdapat banyak masalah dan keluhan
yang muncul dari para konsumen yang telah membeli produk ini, yang sering
terjadi adalah meledaknya Samsung Galaxy Note 7 saat di charger ataupun tanpa
sebab.
Hal ini menyebabkan produk Samsung Galaxy Note 7
dilarang peredarannya dibeberapa negara, hingga pelarangan membawa Samsung Galaxy
Note 7 oleh berbagai maskapai penerbangan. Sehingga dari permasalahan tersebut
dibutuhkan stategi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan
alanisis SWOT sebagai berikut :
1. STRENGTH
(Kekuatan)
· Samsung adalah produsen liquid crystal display (LCD) panel, ponsel
dan smartphone paling sukses di dunia saat ini.
· Samsung melakukan
penelitian dan inovasi pada desain maupun
kemampuan dari produknya.
· Samsung telah lama
berkerja sama dengan penjual di Amerika dan
Eropa yang menyediakan saluran penjualan yang stabil untuk produk-produknya.
2. WEAKNESS
(Kelemahan)
·
Samsung belum bisa
menyamai kemampuan pemasaran dari Apple untuk smartphone.
· Perangkat Samsung masih
menggunakan sistem operasi Android dari Google.
· Kualitas dari produk
yang tidak diutamakan, karena lebih mengutamakan jumlah produksi.
3. OPPORTUNITY
(Peluang)
· Tumbuhnya pasar untuk
smartphone di negara berkembang seperti Afrika dan India.
· Kebutuhan teknologi
baru dan smartphone yang tinggi.
· Tumbuhnya media online sebagai saluran penjualan.
4. TREATH
(Ancaman)
· Munculnya Apple sebagai
produsen smartphone dengan kualitas yang baik dan canggih.
· Munculnya pesaing baru seperti
Xiaomi dan Huawei.
· Menurunnya pendapatan
dari konsumen yang berakibat turunnya daya beli.
Sehingga dengan mengetahui SWOT dari perusahaan, maka dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dari produk Samsung Galaxy Note 7, dengan menarik kembali produk yang bermasalah dan mengganti dengan produk lain dengan tetap bekerja sama dengan penjual di Amerika dan Eropa untuk memasarkan produknya. Serta dalam mengganti produknya mengutamakan kualitas agar tidak terjadi permasalahn yang sama di kemudian hari.
Untuk mengetahui strategi komunikasi ; kasus iklan tidak etis antara telkomsel dengan XL klik di sini

Komentar
Posting Komentar