Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT Perusahaan Samsung Berkaitan Dengan Permasalahan Produk Samsung Galaxy Note 7

Nama                           : M. Supriadi Abdullah Asa
Nim                             : L1B015021
Mata Kuliah                : Strategi Komunikasi

Alanisis SWOT perusahaan Samsung berkaitan dengan permasalahan produk Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7

Beberapa waktu yang lalu perusahaan Samsung mengeluarkan produk handphone terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 7 yang merupakan seri terbaru dari Samsung Galaxy Note, setelah produk sebelumnya Samsung Galaxy Note 5.
Akan tetapi dalam waktu singkat semenjak di realeasnya produk Samsung Galaxy Note 7, terdapat banyak masalah dan keluhan yang muncul dari para konsumen yang telah membeli produk ini, yang sering terjadi adalah meledaknya Samsung Galaxy Note 7 saat di charger ataupun tanpa sebab.
Hal ini menyebabkan produk Samsung Galaxy Note 7 dilarang peredarannya dibeberapa negara, hingga pelarangan membawa Samsung Galaxy Note 7 oleh berbagai maskapai penerbangan. Sehingga dari permasalahan tersebut dibutuhkan stategi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan alanisis SWOT sebagai berikut :
1. STRENGTH (Kekuatan)
·       Samsung adalah produsen  liquid crystal display (LCD) panel, ponsel dan smartphone paling sukses di dunia saat ini.
·     Samsung melakukan penelitian  dan inovasi pada desain maupun kemampuan dari produknya.
·    Samsung telah lama berkerja sama dengan  penjual di Amerika dan Eropa yang menyediakan saluran penjualan yang  stabil untuk produk-produknya.
2. WEAKNESS (Kelemahan)
·      Samsung belum bisa menyamai kemampuan pemasaran dari Apple untuk smartphone.
·      Perangkat Samsung masih menggunakan sistem operasi Android dari Google.
·   Kualitas dari produk yang tidak diutamakan, karena lebih mengutamakan jumlah produksi.
3. OPPORTUNITY (Peluang)
·    Tumbuhnya pasar untuk smartphone di negara berkembang seperti Afrika dan India.
·      Kebutuhan teknologi baru dan smartphone yang tinggi.
·      Tumbuhnya  media online sebagai saluran penjualan.
4. TREATH (Ancaman)
·    Munculnya Apple sebagai produsen smartphone dengan kualitas yang baik dan canggih.
·    Munculnya pesaing baru seperti Xiaomi dan Huawei.
·   Menurunnya pendapatan dari konsumen yang berakibat turunnya daya beli.

Sehingga dengan mengetahui SWOT dari perusahaan, maka dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dari produk Samsung Galaxy Note 7, dengan menarik kembali produk yang bermasalah dan mengganti dengan produk lain dengan tetap bekerja sama dengan penjual di Amerika dan Eropa untuk memasarkan produknya. Serta dalam mengganti produknya mengutamakan kualitas agar tidak terjadi permasalahn yang sama di kemudian hari.
Untuk mengetahui strategi komunikasi ; kasus iklan tidak etis antara telkomsel dengan XL klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi Komunikasi ; Analisis SWOT PT Ultrajaya Milk

Strategi Komunikasi ; Kasus Iklan Tidak Etis Antara Telkomsel Dengan XL

Strategi Komunikasi ; Strategi Pemasaran Perusahaan Apple